Hardware

KOMPUTER

Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang paling cepat perkembangannya adalah komputer. Komputer yang dahulunya hanya sebuah mesin hitung, kini telah berkembang menjadi sebuah mesin serba guna. Komputer merupakan serangkaian mesin elektronik yang memiliki banyak komponen. Komponen-komponen di dalam komputer saling bekerja sama sehingga dapat bekerja dengan terstruktur, teliti, dan serba otomatis. Kerja komputer sangat didukung oleh beberapa perangkat. Beberapa perangkat itu adalah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (user) atau perangkat pikir (brainware). Apabila satu dari ketiga perangkat tersebut tidak ada, mustahil komputer dapat bekerja. Komputer akan bekerja dengan baik minimal harusmemiliki 3 perangkat tersebut, yaitu perangkat keras, perangkat lunak, dan penggunanya. Tanpa ada ketiganya komputer tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

HARDWARE (PERANGKAT KERAS KOMPUTER)

Sesuai dengan namanya, perangkat keras atau  hardware adalah perangkat komputer yang dapat kita lihat dengan mata kita (berwujud). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras ini dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu peralatan masukan (input device), peralatan proses, perangkat penyimpanan dan peralatan keluaran (output device).

A.  Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat masukan atau yang lazim disebut dengan istilah Input Device adalah unit yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Beberapa peralatan masukan adalah  keyboard, mouse, scanner.

1. Keyboard

Keyboard atau papan ketik merupakan papan yang berfungsi sebagai tempat tuts kode huruf dan untuk melakukan pengetikan huruf dan angka serta karakter lain yang dibutuhkan. Masing-masing tombol  keyboard memiliki fungsi-fungsi tertentu. Keyboard memiliki tombol-tombol seperti pada mesin ketik. Dengan menekan tuts, huruf atau angka yang tertera pada tuts tersebut masuk ke dalam komputer.

Ada beberapa bagian dalam  keyboard, yaitu seperti berikut.

– Typewriter Keys

Bagian ini merupakan bagian yang paling komplit. Tombol-tombol typewriter keys terdiri atas tombol-tombol huruf (alphabetic), angka (numeric), dan tanda baca (punctuation).

– Control Keys

Bagian Control keys sebenarnya terdapat pada bagian  typewriter keys. Pada bagian ini, terdapat tombol-tombol karakter khusus, seperti tombol Enter, Backspace, Shift, Capslock, Tab, Ctrl, dan Alt.

– Functions Keys

Tombol functions key terdiri atas 12 tombol, yaitu dari F1 sampai dengan F12 yang terletak di  keyboard bagian atas.

– Keypad

Keypad merupakan tombol-tombol yang terletak di bagian sebelah kanan, yang berisikan tombol angka (numeric) beserta tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Selain itu, juga ada tombol Enter, Numlock serta tombol-tombol lain yang berfungsi untuk menggerakkan kursor (misal: Pgup, Pgdn, Home, End, ←, →, ↑, dan↓).

Macam-macam keyboard :

  1. Qwerty
  2. Dvorak
  3. Klockenberg

2. Mouse

Mouse  adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan tombol. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

3. Scanner

Pemindai (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya.

4. Light Pen

Light pen merupakan alat yang menyerupai pena. Alat ini dapat memancarkan sinar yang berguna untuk menulis langsung pada suatu layar monitor

atau bidang datar khusus. Dengan menggunakan light pen, kita dapat langsung memasukkan data, baik angka  maupun   huruf   ke   CPU   melalui layar monitor. Pada layar monitor, terdapat tombol-tombol yang berguna untuk setting jenis angka atau huruf dan waktu eksekusi.

5. Kamera digital

Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut.

Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

B. Perangkat Pemrosesan (Process)

Bagian komputer yang merupakan pusat pemroses data adalah CPU (Central Processing Unit). CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. Di dalamnya, terdapat beberapa komponen untuk mendukung kinerjanya, di antaranya prosesor, RAM, ROM, Cache Memory, VGA Card, dan Sound card.

1. Prosesor

Prosesor merupakan piranti komputer yang mampu menerjemahkan segala instruksi yang dimasukkan oleh pengguna komputer. Prosesor berupa IC (integrated circuit) atau kepingan silikon yang sangat kecil dengan kinerja yang luar biasa yang merupakan pusat pengendali seluruh hardware dan software yang terpasang di komputer (otak komputer).

2. RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.

3. ROM

ROM merupakan jenis penyimpanan primer yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditambah intruksi lagi. ROM dapat membaca instruksi yang telah disimpan sebelumnya di dalamnya. Kita tidak dapat mengubah isinya. Penyimpanan instruksi di ROM bersifat tidak mudah hilang (permanen), artinya memori tidak terhapus ketika daya listrik dimatikan.

4. VGA Card

Pada komputer generasi lama,pemrosesan gambar ke layar hanya mengandalkan kerja prosesor. Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini telah tersedia VGA  card (Video Graphic Array) atau kartu grafis yang didesain untuk melakukan rendering grafis 3D secara penuh dan efisien tanpa perlu menggunakan prosesor lagi. Kartu grafis yang ada saat ini telah menggunakan prosesor tersendiri yang disebut GPU (Graphic Procesor Unit) sehingga beban prosesor utama berkurang Untuk memasang kartu grafis ke motherboard harus disesuaikan antara jenis kartu grafis dengan slot yang ada di motherboard. Hingga saat ini, telah ada kartu grafis dengan basis yang berbeda-beda, seperti kartu grafis berbasis ISA, PCI, berbasis AGP, dan yang terbaru PCI Express.

5. Sound card

Sound card digunakan untuk memproses data berupa suara. Sound card secara fisik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, meliputi:

  • sound card on board,
  • sound card add on internal, dan
  • sound card add on external.

Pada saat ini, motherboard umumnya telah menyediakan  sound card yang sudah terpasang di dalamnya (sound card on board). Jika ingin menambah  sound card lagi pasangkan  sound card  tambahan di slot ekspansi yang telah disediakan motherboard. Untuk menghilangkan benturan kinerja yang terjadi di antara sound card yang terpasang, kita dapat mengaturnya melalui BIOS. Perkembangan sound card begitu pesat. Saat ini, terdapat  sound card dengan tata suara yang bagus hingga 8  chanel (saluran) audio.

C.  Perangkat Simpanan (Storage)

Perangkat simpanan atau storage device berfungsi untuk menyimpan data dan sistem operasi.

Media penyimpanan merupakan peralatan atau perangkat yang digunakan untuk menyimpan data yang telah dibuat. Data disimpan ke dalam media penyimpanan agar tidak hilang dan dapat dibuka kembali pada saat yang lain. Ada beberapa media penyimpanan yang ada dalam komputer, yaitu hard disk, disket,  compact disc, dan  flash disk.

Macam-macam perangkat simpanan :

1. Hard disk

Hard disk merupakan media penyimpanan yang ada di dalam CPU. Kapasitasnya sangat bervariasi. Di pasaran sekarang ini, kapasitasnya berkisar antara 4 GB hingga di atas 200 GB.

2. Flash disk

Flash disk USB  adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash disk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bias dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk flash disk USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.

Flash disk USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Namun Flash disk USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Flash disk USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

3. Floppy disk

Media penyimpanan ini sekarang sudah tidak populer, meskipun harganya relatif murah. Floppy

disk yang mempunyai nama flexible disk atau disket atau magnetic disk merupakan media penyimpanan yang menggunakan lempengan plastik yang dilapisi dengan partikel-partikel oksida besi kemudian dikemas dalam penutup plastik segi empat. Perubahan elektromagnet yang bergerak melintasi disket akan mengubah partikel-partikel magnet pada cakram sehingga menjadi gambaran data.

4. Compact disk

Compact disc atau sering disingkat dengan CD juga merupakan media penyimpanan data. Bentuk

dari CD seperti piringan yang berukuran 5¼ inchi. Kapasitas penyimpanan data yang dapat ditampung dalam CD mencapai 700 MB. Ada dua macam jenis compact disc. Jenis pertama adalah CD-R yang hanya bersifat  read only, yaitu hanya dapat membaca data dan tidak bisa mengubah isinya. Jenis kedua adalah CD-RW yang bersifat read and write, yaitu data bisa dibaca dan juga dapat diubah atau ditambah isi datanya.

D.  Perangkat Keluaran (Output)

Perangkat keluaran merupakan alat-alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dan pengolahan komputer. Contohnya yaitu monitor,  printer, dan  speaker.

1. Monitor

Monitor merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan berbagai olahan data dan kata pada perangkat komputer sehingga olahan tersebut dapat terlihat secara jelas. Gambar grafik, teks, dan berbagai jenis informasi lain tampil di layar monitor. Ada beberapa tipe monitor, yaitu monitor VGA (Video Graphic Adapter) dan SVGA (Super Video Graphic Adapter). Saat ini teknologi monitor layar lebar dan layar datar telah berhasil dikembangkan. Teknologi ini memberikan tampilan layar monitor yang lebih lebar dan radiasi yang lebih rendah, sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

2. Printer

Biasanya, alat ini akan menghasilkan output berupa cetakan kertas (hard copy). Ada 3 jenis printer, yaitu printer dot matric, ink printer, dan printer laser. Perbedaan ketiganya adalah  dot matric menggunakan pita untuk mencetaknya, ink printer menggunakan tinta untuk mencetaknya, sedangkan laser untuk mencetaknya menggunakan serbuk. Hasil cetakannya pun berbeda.  Printer dot matric menghasilkan cetakan kasar berupa titik-titik. Printer dengan media tinta lebih halus hasil cetakannya. Jenis printer laser hasil cetakan sangat halus.

3. Speaker

Selain  output  yang ditampilkan di layar dan dicetak di kertas, ada juga output berupa suara. Komputer merupakan perangkat multimedia. Salah satu hasil multimedia komputer adalah komputer dapat juga memutar musik atau lagu. Untuk mendengarkan lagu di komputer, dibutuhkan  speaker.

Sumber : http://wikipedia.org/ dan Buku sekolah elektronik TIK

One Response to Hardware

  1. Sofia mengatakan:

    We’re a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your site offered us with valuable info to work on. You’ve done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: